Tuesday, October 18, 2011

Ciri-ciri komunikasi berjalan baik

0


Komunikasi adalah tukar-menukar informasi, baik melalui tulisan, bahasa lisan, bahasa isyarat maupun tingkah laku yang menunjukkan penyampaian suatu pesan. Komunikasi membutuhkan timbal balik dua arah yang seimbang. Bila salah satu pihak lebih dominan, maka komunikasi akan timpang. Apa ciri-ciri komunikasi berjalan baik?
Untuk membuat komunikasi berjalan baik, masing-masing pihak harus menjadi komunikator yang baik. Bila berkomunikasi dalam bahasa lisan, rumusan untuk menjadi komunikator yang baik, adalah POSITIF.
·       POsisi tubuh. Bila berbicara dengan seseorang yang lebih tua, hendaknya menghadap beliau. Tatap matanya sesekali. Tunjukkan bahwa Anda antusias berbicara dengannya. Berikanlah tanggapan sesekali atas apa yang beliau bicarakan. Bila berbicara dengan yang lebih muda, menggunakan nada yang lebih rendah dan menunjukkan rasa kasih sayang.
·   SIkap siap untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tidak berburuk sangka dengan orang lain. Tidak sombong dan mau menggunakan bahasa yang sesuai dengan yang diajak berbicara. Mudah beradaptasi dengan lawan bicara. 
·       TIngkah laku yang mencerminkan bahwa komunikator senang berbicara dengan lawan bicaranya. Menggunakan kata-kata yang tidak kasar dan menyinggung orang lain.
·       Fokus pada apa yang dibicarakan dan tidak berusaha untuk mengalihkan pembicaraan sekiranya topik tersebut memang harus dibicarakan segera. Tidak bergurau berlebihan sehingga membuat lawan bicara menjadi serba salah. 
Bila melalui tulisan, penulis yang baik akan berusaha menyampaikan buah pikirannya yang tidak menyinggung perasaan pembacanya. Rumusan menjadi penulis atau komunikator melalui tulisan yang baik adalah FOR YOU.
·       FOkus on a topic. Satu tulisan untuk satu topik sehingga pembaca tidak bingung.
·       Respond a situation. Tulisan bisa berupa tanggapan mengenai apa yang sedang terjadi di tengah masyarakat sehingga masyarakat menjadi semakin tahu duduk permasalahannya.
·    Yield a deep thought. Tulisan yang baik akan membuat pembacanya tercerahkan dan mempunyai pemikiran baru yang lebih baik.
·      Organize the idea in a good format. Menggunakan format tulisan yang beraturan sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
·   Understand the position of readers. Memahami keadaan para pembacanya. Dapat menyesuaikan gaya tulisan dengan segmen pembaca. Pemilihan kata pun diatur sedemikian rupa sehingga pembaca tidak mempunyai kesulitan mengerti apa yang akan disampaikan oleh penulis.
Kalau semua pihak telah menjadi komunikator yang baik, maka ciri-ciri komunikasi yang baik adalah 3 BAIK.
·       Informasi yang disampaikan baik dan berguna bagi kedua belah pihak.
·       Kedua belah pihak tetap menjalin hubungan dengan baik dalam waktu yang lama. Tak ada rasa saling berburuk sangka. Tak ada emosi yang setiap saat akan membakar hubungan komunikasi mereka.
·       Ada kontak batin yang baik. Saling memahami dan mengerti perasaan masing-masing.


sumber : http://www.anneahira.com/ciri-ciri-komunikasi.htm

0 komentar:

Post a Comment

Apakah blog ini bermanfaat bagi anda ?

Blog ini dilindungi oleh hak cipta. Cantumkan link blog ini apabila menyalin sebagian/seluruh data. Powered by Blogger.